6 Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

6 Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa hp Samsung Anda jadi lemot belakangan ini?

Walaupun Anda memiliki hp Samsung terbaru dan terbaik, hp Anda bisa jadi lemot dari yang Anda harapkan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, jadi jangan khawatir jika hp Samsung baru Anda jadi lemot bahkan saat belum lama digunakan.

Namun, jika Anda khawatir dengan hp Samsung baru Anda, kami sarankan untuk melakukan langkah-langkah penting ini setelah mengatur perangkat baru. Langkah-langkah ini dapat membantu mengatasi beberapa masalah umum yang sering terjadi pada HP baru. 

Namun, jika hp Samsung lama Anda mengalami masalah, lanjutkan membaca untuk tips penting dalam mempercepat kinerja HP Anda.

Kenapa HP Samsung Saya Lemot dan Sering Hang?

Jika HP Samsung Anda berjalan lambat, kemungkinan masalahnya dapat diatasi dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai dan membersihkan data yang tidak diperlukan yang telah di-cache di hp Anda. 

Meskipun hp yang lebih tua mungkin tidak dapat running software terbaru dengan baik, mungkin diperlukan pembaruan sistem untuk mempercepat HP Samsung yang lambat.

Selama sepuluh tahun terakhir, kami telah menggunakan berbagai hp Samsung. Saat baru, semuanya lancar-lancar saja. Namun, setelah beberapa bulan penggunaan, sekitar 12-18 bulan, HP Samsung mulai melambat. 

Tidak hanya melambat secara dramatis, tetapi juga sering mengalami hang. Ada beberapa alasan mengapa HP Samsung sering mengalami hang seperti pada galaxy z fold. Berikut ini penjelasannya.

Samsung Menggunakan Sistem Operasi Android:

Masalah utama terletak pada sistem operasi Android (OS). Sistem operasi Android dibuat oleh Google menggunakan bahasa pemrograman JAVA. Masalah dengan JAVA adalah bahasa pemrograman yang sangat boros sumber daya. JAVA membutuhkan daya pemrosesan dan RAM yang signifikan. Untuk melakukan tugas yang sama, sistem operasi Android membutuhkan hampir dua kali kecepatan pemrosesan dan RAM dibandingkan sistem operasi Windows Mobile OS dan iOS milik Apple. Jika Anda penasaran, Apple menciptakan iOS menggunakan bahasa pemrograman C.

Samsung's TouchWiz UI Kurang Stabil:

Samsung memperburuk masalah Android dengan menggabungkan TouchWiz UI ke dalam HP mereka. TouchWiz UI adalah interface OS Android yang membedakan HP Samsung dari HP LG. TouchWiz memiliki sejarah yang bug dan sering terjadi lag. Selama ini, Samsung telah menolak untuk memperbaiki masalah ini menggunakan google chrome.

Optimasi Kode yang Kurang Memadai:

Samsung adalah perusahaan perangkat keras, bukan perusahaan software. Eksekutif puncak tidak menyadari pentingnya software. Akibatnya, tidak ada budaya optimasi kode di pusat pengembangan software Samsung.

Samsung Secara Sengaja Memasang Bloatware:

Menurut Google, OEM yang ingin menggunakan Samsung dan mengakses Google Play harus menyertakan beberapa Aplikasi Google seperti YouTube, Google Maps, GMAIL, Drive, Google Assistant, Chrome, dan sebagainya. Namun, Samsung melakukan hal-hal aneh. Mereka memasang aplikasi duplikat yang dikembangkan oleh mereka sendiri, seperti Samsung Email, Samsung Web-browser, Samsung App Store, Samsung Assistant, Calendar, dan lain-lain.

Ketidakterlengkapan:

Samsung menghentikan support untuk HPnya setelah 12-18 bulan. Mereka hanya tertarik pada HP terbaru. Akibatnya, HP flagship Samsung yang berusia 18 bulan tidak akan pernah menerima update. Jangan harapkan hal itu pada HP Samsung dengan harga terjangkau.

Pemperlambatan dengan Sengaja:

HP Samsung baru dilengkapi dengan baterai baru. Namun, baterai akan mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu. Jika HP Samsung Anda mendeteksi penurunan kualitas baterai, maka akan memperlambat kecepatan prosesor untuk melindungi baterai. Ini dikenal sebagai pemperlambatan yang disengaja. Sebagai pemilik HP Samsung, Anda tidak dapat melakukan apa-apa kecuali mengganti baterai. HP Anda akan menjadi lambat akibat pemperlambatan yang disengaja ini. Jika Samsung memperlambat HP Anda terlalu banyak, HP tersebut sering mengalami hang.

Read: 6 Cara Menghemat Baterai Hp Samsung hingga 80%!


Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot

HP dapat melambat atau berkinerja buruk karena berbagai faktor. Anda perlu mempersempit kemungkinan penyebabnya, jadi pastikan untuk mengikuti panduan ini.

Restart HP Anda

Kami tahu ini terdengar “Obviously, duh!”, tetapi me-restart harus menjadi tindakan perbaikan pertama jika Anda melihat penurunan kinerja tiba-tiba. Beberapa proses background dapat sementara memperlambat HP Anda, tetapi mengidentifikasinya sulit. Melakukan restart adalah metode yang cepat dan efektif untuk menghentikannya.

Sistem pengelolaan memori Samsung sangat baik, dan sebagian besar HP memiliki RAM yang lebih dari cukup. Tetapi, restart dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan jika Anda menggunakan perangkat dengan RAM 3GB atau 4GB atau kurang. Sebaiknya, lakukan restart HP Anda setidaknya sekali seminggu. Jika HP menjadi lambat antara restart, tingkatkan frekuensinya menjadi setiap dua hari.

Free up storage space

Anda mungkin sudah terbiasa dengan kehabisan ruang penyimpanan jika Anda memiliki HP lama. Hal-hal akan berjalan sangat lambat ketika HP Anda kehabisan space, dan Google mengklaim Anda akan melihat masalah kinerja ketika perangkat Anda memiliki storage kurang dari 10%. Menjaga storage yang tidak terpakai sekitar 20% adalah pilihan yang lebih baik.

Berikut ini cara untuk membebaskan storage space:

1. Buka Settings.

Buka Storage settings atau cari "storage" di Settings search bar. Anda akan menemukan Battery and device care pada HP Samsung.

2. Uninstall aplikasi yang tidak terpakai, hapus foto, dan bersihkan file yang tidak terpakai.

Ikuti panduan kami tentang cara membebaskan ruang penyimpanan untuk panduan tentang cara membersihkan HP Anda dengan efektif.

Jangan lupa melakukan backup data ke cloud. Foto dan video memakan banyak space, jadi lakukan backup secara teratur untuk file media besar ke Google Photos.

3. Uninstall aplikasi yang tidak terpakai

Aplikasi yang tidak terpakai menghabiskan storage di HP Anda dan dapat membebani memori (RAM) jika berjalan di latar belakang. Jika Anda download aplikasi yang tidak lagi digunakan, menghapusnya dapat meningkatkan kelancaran sistem dan daya tahan baterai.

Ada berbagai cara untuk menghapus aplikasi, tetapi biasanya Anda dapat menekan dan menahan lama ikon aplikasi dan memilih Uninstall atau menggeser ikon ke prompt uninstall di bagian atas layar.

Anda dapat membersihkan cache aplikasi individual jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi. Berikut ini cara membersihkan cache aplikasi:

  • Buka aplikasi Settings.
  • Ketuk Storage.
  • Ketuk Aplikasi Lainnya.
  • Pilih aplikasi dan ketuk Hapus Cache.

Ubah Kecepatan Animasi Sistem

Mengubah kecepatan animasi sistem di HP Samsung Anda tidak akan membuatnya lebih cepat, tetapi akan menciptakan persepsi bahwa perangkat Anda berfungsi lebih cepat. Feel ini disebabkan oleh pengurangan jeda animasi, sehingga urutan grafis selesai lebih cepat.

Gunakan Aplikasi Edisi Lite

Banyak aplikasi seperti Facebook menawarkan aplikasi edisi Lite untuk perangkat Samsung lama dan kelas rendah dengan RAM dan penyimpanan terbatas. Aplikasi edisi Lite lebih kecil dan membutuhkan resource yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi lengkapnya.

Update Software ke Versi terbaru

Jika HP Anda terasa lambat, periksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Sebagian besar produsen melakukan hal yang sama untuk skin software mereka. Jadi, mengupgrade ke versi Android terbaru dapat membebaskan resource sistem di perangkat Anda, yang dapat membantu mempercepat waktu muat aplikasi dan meningkatkan kelancaran sistem.

Setelah Anda memastikan bahwa Anda memiliki versi Samsung terbaru, periksa juga Google Play Store dan lihat apakah ada aplikasi yang perlu diperbarui. 

Anda juga dapat mengaktifkan pembaruan otomatis di Google Play Store. Dengan pembaruan otomatis, aplikasi akan diperbarui saat Anda tidak menggunakan HP Anda dan memiliki koneksi Wi-Fi. Anda dapat mengatur ulang pengaturan untuk mengizinkan pembaruan data seluler, tetapi penyedia layanan Anda mungkin membebankan biaya tambahan atau memperlambat kecepatan internet jika Anda melebihi batas data bulanan.

Lakukan Factory Reset

Jika Anda telah mencoba semua saran sejauh ini dan masih mengalami masalah dengan perangkat yang lambat, tingkatkan langkah-langkah Anda. Factory reset adalah cara yang sangat efektif tetapi ekstrem untuk meningkatkan kinerja. Ini akan mengembalikan perangkat Anda ke keadaan aslinya dan menghapus semua data Anda.

Jika Anda siap untuk Factory Reset perangkat Samsung Anda, pertama-tama buat backup data penting Anda.

Read: Pertolongan Pertama pada HP Terkena Air


Jasa Service Handphone Samsung - Pusat Service Macbook Bali

Segera konsultasikan dengan ahlinya apa bila handphone Samsung Anda mengalami kerusakan baterai!

Pusat Service Macbook (PSM) Bali melayani service MacBook, iPhone, produk Apple & HP lainnya dengan teknisi yang bersertifikasi BNSP, pelayanan ramah, dan selesai cepat.

Dengan pengerjaan <24 jam, baterai hp Samsung Anda akan dilindungi dengan garansi dari kami!

Dengan rating 4.9 di Google, PSM Melayani reparasi untuk wilayah Bali khususnya Denpasar, Canggu, Sanur, Tabanan, dan sekitarnya.

Segera konsultasikan hp Samsung Anda! Tim teknisi kami akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa secara mendalam terhadap gadget Anda.

Silahkan hubungi kami di Whatsapp pada nomor +62 811-3851-677 atau klik link berikut: https://wa.wizard.id/414556

Kunjungi store Pusat Service Macbook Bali!

Jl. Teuku Umar No. 100, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80114.

Dapatkan petunjuk arah ke store PSM disini: https://goo.gl/maps/GReiHVPZ9A66Kqrj9

Service Bergaransi & Harga Transparan

Konsultasi Sekarang