5 Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

6 alasan iPhone cepat panas. Fungsionalitas iPhone juga terpengaruh, dan Anda akan merasakan iPhone mulai lemot.

Lagi asik scroll TikTok sampai iPhone terlalu panas? Tidak hanya panas, iPhone mendadak lagging?

Jangan dibiarkan! Panas berlebihan bisa merusak iPhone Anda secara permanen.

Ketika overheat, iPhone akan jadi lambat, layarnya menjadi hitam, tidak charging, atau kameranya tidak bisa digunakan untuk memotret.

Anda mungkin akan mendapat warning dari Apple jika panasnya terlalu berlebihan. Ketika peringatan ini muncul, Anda hanya dapat melakukan panggilan darurat sampai iPhone Anda mendingin.

iPhone yang cepat panas bisa merusak komponen internal, terutama baterai dan prosesor, jika Anda membiarkannya terlalu lama. 

Dan sepertinya hal ini cukup sering terjadi pada iPhone user, karena ada banyak perbincangan mengenai hal ini di media sosial dan forum support Apple sendiri.

Inilah cara menghentikan iPhone Anda dari overheating.

Kenapa iPhone Cepat Panas?

Image by Freepik

Penyabab paling umum iPhone cepat panas adalah karena terpapar sinar matahari langsung. Suhu akan semakin tinggi jika iPhone Anda berada di bawah kaca, seperti di dasbor mobil yang panas. 

iPhone Anda berfungsi dengan baik saat berada di kisaran suhu antara 0º hingga 35º C.

Selain itu, device itu sendiri dapat mengalami overheating saat bekerja terlalu keras. iPhone secara alami akan menghasilkan panas internal selama proses yang memerlukan kerja lebih keras dari biasanya. Menurut Apple, proses-proses ini termasuk:

  • Setting iPhone Anda untuk pertama kalinya
  • Restoring iPhone Anda dari backup
  • Chage daya iPhone secara wireless
  • Menggunakan aplikasi, fitur, atau game yang memerlukan prosesor atau grafis intensif, termasuk augmented-reality apps
  • Streaming video berkualitas tinggi

iPhone cenderung akan menghangat selama proses-proses ini, tetapi pada suhu lingkungan normal, seharusnya seluruh proses tersebut dapat berjalan tanpa iPhone menjadi terlalu panas. 

Jika Anda menggunakan proses-proses berintensitas tinggi pada iPhone Anda dalam suhu panas, kemungkinan besar iPhone Anda akan mengalami overheating.

Baca juga: Cara Membersihkan Penyimpanan iPhone: Cache, Documents, dan Data


Apa yang terjadi ketika iPhone Anda panas?

Baterai dan umur iPhone akan terpengaruh ketika terpapar suhu tinggi terlalu lama. 

Anda mungkin tidak akan segera menyadarinya, tetapi iPhone akan jadi lebih lambat lebih awal, dan Anda baterai akan cepat drop.

Untungnya, iPhone dirancang untuk mati sebelum menjadi terlalu panas. Hal ini seharusnya mencegah iPhone rusak akibat terlalu panas. 

Penyebab iPhone Cepat Panas

Beberapa hal dapat menyebabkan iPhone Anda mengalami overheating. Berikut adalah penyebabnya, beserta tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

Penggunaan berlebihan

Jika Anda menggunakan iPhone Anda untuk proses yang berat seperti bermain game, streaming, menggunakan aplikasi yang memerlukan grafis tinggi, atau merekam video dalam waktu lama, ini dapat menyebabkan iPhone Anda mengalami overheating.

Solusi: Kurangi penggunaan iPhone Anda.

Update Software

Banyak hal yang terjadi selama dan setelah menginstal update, dan tugas seperti merindex foto dapat menghabiskan banyak daya pemrosesan, yang dapat membuat device panas. iPhone seharusnya kembali normal dalam beberapa hari setelah menginstal update.

Solusi: Tunggu hingga iPhone menyelesaikan tugas backgroundnya. Jika masalah tetap berlanjut, maka kemungkinan ada bug dalam update dan solusinya harus datang dari Apple dalam bentuk update lain.

Baca juga: 5 Cara Melacak iPhone Hilang dalam Keadaan Mati


Aplikasi yang bermasalah

Tidak jarang aplikasi memiliki bug atau masalah yang menyebabkannya menggunakan resource lebih banyak dari yang dibutuhkan. Hal ini dapat menyebabkan iPhone menjadi panas, bahkan saat tidak menggunakan aplikasi tersebut secara langsung.

Solusi: Cari dan Nonaktifkan aplikasi yang bermasalah.

Sinyal Lemah atau Penggunaan Data Berlebih

Jika Anda berada di lokasi yang lemah sinyal, iPhone akan bekerja lebih keras untuk menjaga koneksi, yang menyebabkannya overheating. Demikian juga, penggunaan data dalam waktu panjang, seperti streaming video, download file besar, atau membuat/mengembalikan dari backup juga dapat menyebabkan overheating.

Solusi: Pindah ke lokasi dengan sinyal yang lebih baik. Pilih opsi streaming dengan resolusi lebih rendah - misalnya, 1080HD daripada 4K - jika memungkinkan.

Charging Problem

Image by Freepik

Menggunakan iPhone saat nge-charge, atau nge-charge dengan charger bukan ori Apple, dapat menyebabkan overheating. Charger wireless juga menghasilkan lebih banyak panas daripada menggunakan kabel.

Solusi: Gunakan charger ori yang berkualitas. Beralih ke charger berdaya lebih rendah. Lepaskan casing iPhone. Gunakan charger wireless dengan pendinginan bawaan atau hindari pengisian daya wireless.

Lingkungan Sekitar

Suhu lingkungan ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat menyebabkan iPhone mengalami overheating. Apple menyarankan untuk menghindari penggunaan perangkat saat suhu berada di luar kisaran 0 hingga 35 derajat Celsius.

Meninggalkan iPhone Anda di dalam mobil adalah masalah terutama karena interior mobil dapat dengan mudah melebihi range suhu aman ketika terkena sinar matahari panas.

Solusi: Lakukan yang terbaik untuk menjaga iPhone dalam batas suhu operasionalnya, yaitu 0 hingga 35 derajat Celsius (32 hingga 95 derajat Fahrenheit).

Baca juga: 7 Tips Optimalkan Keamanan iPhone dari Kejahatan Digital


Cara Mendinginkan iPhone Anda

Metode terbaik untuk mendinginkan iPhone Anda mudah untuk dilakukan dan sebagian besar melibatkan menghilangkan faktor pemicu (sumber panas atau masalah software) dan membiarkannya istirahat. 

Jika iPhone Anda panas, ikuti langkah-langkah ini untuk mendinginkannya:

Quick Action

Panas berlebih dapat merusak iPhone Anda. Tangani ini segera agar iPhone Anda tidak rusak.

Cabut kabel charger dan matikan iPhone. Jauhkan dari sumber panas, termasuk sinar matahari, dan letakkan di permukaan yang rata dan datar, tanpa ada benda lain disekitarnya. Setelah dingin selama beberapa menit, Anda dapat menyalakannya kembali, tetapi gunakan Airplane Mode untuk sementara.

Lepaskan Casing

Casing iPhone yang mungkin menghalangi aliran udara, jadi lepaskan untuk membiarkan panas keluar lebih cepat. 

Hindari Charging saat Suhu Tinggi

Image by Freepik

Charging dapat meningkatkan suhu iPhone. Tidak berbahaya saat digunakan secara normal, tetapi menjadi masalah besar jika iPhone Anda sudah mencapai suhu 90 derajat Celsius.

Baca juga: 5 Hack Agar Baterai iPhone tetap 100%, Lebih Tahan Lama dan Awet


Tiup/kipaskan iPhone Anda

Tiup atau kipaskan iPhone Anda untuk menetralkan suhu. Ingatlah bahwa Anda harus mendinginkan iPhone secara bertahap karena perubahan suhu yang cepat dapat menyebabkan kondensasi. Air akan terbentuk di sekitar iPhone, menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kerusakan karena  panas itu sendiri.

Itulah mengapa jangan pernah meletakkan iPhone Anda di dalam kulkas, freezer, atau tempat dingin lainnya.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mendinginkan iPhone Anda.

  • Hindari sinar matahari langsung.
  • Cabut kabelnya.
  • Keluarkan dari casing-nya.
  • Matikan.

Ketika Anda menyalakannya kembali, biarkan dalam Airplane Mode dan tutup semua aplikasi yang berjalan di background. 

Jika suhu kembali stabil setelah melakukan langkah diatas, iPhone Anda mungkin dalam kondisi baik.

Jasa Service iPhone - Pusat Service Macbook Bali

Segera konsultasikan dengan ahlinya apa bila iPhone Anda mengalami tanda-tanda kerusakan!

Pusat Service Macbook (PSM) Bali melayani service MacBook, iPhone, produk Apple & HP lainnya dengan teknisi yang bersertifikasi BNSP, pelayanan ramah, dan selesai cepat.

Dengan pengerjaan <24 jam, iPhone Anda kan dilindungi dengan garansi dari kami!

With a Google rating of 4.9, PSM serves repair services for Bali, especially Denpasar, Canggu, Sanur, Tabanan, and surrounding areas.

Segera konsultasikan iPhone Anda! Tim teknisi kami akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa secara mendalam terhadap gadget Anda.

Please contact us on Whatsapp at +62 811-3851-677 or click the following link: https://wa.wizard.id/414556

Visit our Pusat Service Macbook Bali store!

Teuku Umar Street No. 100, Dauh Puri Kauh, West Denpasar, Denpasar City, Bali 80114.

Get directions to the PSM store here: https://goo.gl/maps/GReiHVPZ9A66Kqrj9

Service Bergaransi & Harga Transparan

Konsultasi Sekarang