6 Cara Menghemat Baterai Hp Samsung hingga 80%!

6 Cara Menghemat Baterai Hp Samsung hingga 80%!

Dulu, handphone seperti Nokia memiliki baterai yang bisa di-copot-pasang. Sehingga, Anda bisa menyimpan baterai cadangan yang sudah terisi penuh dan menggantinya ketika diperlukan. 

Tentu jauh lebih  ringan daripada membawa powerbank yang berat, dan handphone tetap bisa bertahan sepanjang hari kerja yang padat.

Namun seiring perubahan desain ponsel dari waktu ke waktu, baterai yang dapat diganti ditinggalkan oleh produsen ponsel untuk menjaga tampilan ponsel mereka lebih ramping dan sesuai dengan layar melingkar. 

Teknologi baterai yang semakin baik membuat sebagian besar handphone dapat bertahan setidaknya sehari penuh penggunaan — kecuali jika Anda sering menonton video atau device Anda sudah berusia satu atau dua tahun.

Jika handphone Anda kehabisan baterai, Anda memiliki beberapa pilihan.

1. Langsung beli handphone baru (jika Anda seorang Sultan)

atau

2. Mengikuti tips ini untuk membantu Anda  memantau dan memperpanjang penggunaan baterai. 

Mengoptimalkan penggunaan baterai 

Samsung dilengkapi dengan tools yang berguna untuk mengoptimalkan penggunaan baterai Anda. Tools ini akan menutup aplikasi yang berjalan di background dan memeriksa apakah Anda menggunakan aplikasi yang menghabiskan terlalu banyak daya baterai.

Meskipun Samsung seharusnya secara otomatis mengoptimalkan baterai Anda sekali sehari secara default, Anda dapat memeriksa apakah fitur ini diaktifkan.

  • Buka Settings app.
  • Pilih Battery and device care.

Anda akan dapat melihat status baterai, penyimpanan, dan memori Anda saat ini. 

Meskipun optimasi otomatis diaktifkan secara default, Anda dapat memutuskan apakah ponsel Anda akan restart secara otomatis jika diperlukan atau menunggu Anda untuk merestartnya secara manual. 

Untuk melakukanya , scroll ke bawah, pilih Auto optimization, dan kemudian aktifkan atau nonaktifkan Restart when needed.

Jika ponsel Anda telah digunakan dalam waktu yang lama, Anda dapat mengoptimalkannya secara manual dengan menekan tombol Optimize now yang akan muncul di layar Battery and device care.

Read: Hack Agar Baterai iPhone tetap 100 Persen, Lebih Tahan Lama dan Awet

Menyimpan aplikasi dalam mode "sleep"

Pada perangkat Samsung, Anda dapat menempatkan aplikasi dalam mode "sleep", yang memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak berjalan di background saat Anda tidak menggunakannya. 

Ini berarti aplikasi tidak akan menerima notifications atau updates, sehingga membantu mencegah fungsi-fungsi tersebut menguras baterai ponsel Anda. 

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu Samsung mencatat di situsnya bahwa aplikasi yang sedang "sleep" mungkin tetap berjalan di background jika Anda mulai menggunakannya lagi.

Jika Anda tidak ingin aplikasi yang sedang "sleep" beroperasi di background  sama sekali, Anda dapat memasukkannya ke dalam mode “deep sleep” sebagai gantinya. 

Pilihan ini memungkinkan aplikasi beroperasi di background hanya ketika Anda membukanya, dan mencegahnya melanjutkan aktivitas di background meskipun Anda mulai menggunakan aplikasi tersebut kembali.

Meskipun perangkat Samsung dilengkapi dengan pengaturan yang secara otomatis memasukkan aplikasi ke dalam mode "sleep" ketika Anda tidak menggunakannya dalam waktu yang lama, Anda juga dapat memilih untuk memasukkan aplikasi ke dalam mode "sleep" secara manual. 

Pastikan hanya memasukkan aplikasi yang tidak penting ke dalam mode "sleep", seperti aplikasi yang Anda gunakan untuk komunikasi sehari-hari atau keperluan terkait pekerjaan, karena Anda tidak akan menerima pemberitahuan dari aplikasi tersebut.

Berikut cara mengelola aplikasi yang sedang "sleep" dan "deep sleep":

  1. Buka aplikasi Settings pada perangkat Anda dan buka menu Battery and device care.
  2. Pilih Battery > Background usage limits.
  3. Jika belum, aktifkan opsi Masukkan Put unused apps to sleep  agar ponsel secara otomatis memasukkan aplikasi yang jarang digunakan ke dalam mode "sleep".
  4. Pilih sleeping apps untuk memasukkan aplikasi ke dalam mode "sleep" secara manual ketika tidak sering digunakan. Untuk menambahkan aplikasi, ketuk ikon Plus di sudut kanan atas layar. Pilih aplikasi yang Anda inginkan dan ketuk Add.
  5. Anda dapat menghapus aplikasi dari daftar dengan memilih ikon tiga titik di sudut kanan atas layar dan memilih Remove. Setelah selesai memilih aplikasi, pilih Remove lagi.
  6. Ikuti langkah yang sama di atas untuk menambahkan atau menghapus aplikasi dari daftar Aplikasi deep sleep serta untuk menambahkan atau menghapus aplikasi dari daftar Aplikasi yang tidak pernah sleep.

Aktifkan Adaptive Battery dan Adaptive Brightness

Dua fitur penghemat baterai, Adaptive Battery dan Adaptive Brightness, mempelajari bagaimana Anda menggunakan aplikasi dan layar Anda, lalu menyesuaikannya sesuai kebiasaan Anda. 

Ide di balik fitur ini adalah aplikasi dan tampilan hanya akan menggunakan daya dari baterai saat dibutuhkan. 

Secara default, keduanya seharusnya sudah aktif, tapi tidak ada salahnya untuk memeriksa dan memastikan.

Untuk mengaktifkan Adaptive Battery pada ponsel Samsung:

  • Buka Settings app dan pilih Battery and device care > Battery.
  • Pilih More battery settings dan pastikan ensure Adaptive battery sudah diakifkan.

Untuk mengaktifkan Adaptive Brightness:

  • Buka Settings dan pilih Display.
  • Cari dan pilih Adaptive brightness, dan aktifkan jika belum aktif.

Read: Pertolongan Pertama pada HP Android Terkena Air


Hapus aplikasi yang tidak perlu

Tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan berkala terhadap semua aplikasi yang Anda miliki, lalu menghapus atau membatasi aplikasi yang tidak perlu yang menggunakan daya baterai secara tidak perlu.

Langkah pertama adalah yang paling mudah: periksa app drawer Anda dan lihat apakah ada aplikasi yang tidak Anda gunakan dalam waktu lama. 

Kembali ke pengaturan Background usage limits seperti yang disebutkan diatas, dan tap Sleeping apps; Anda akan melihat daftar aplikasi yang tidak Anda gunakan baru-baru ini.

Temukan aplikasi yang menguras daya baterai

Ide bagus juga untuk mengetahui aplikasi mana yang menghabiskan daya baterai.

Settings > Battery and device care > Battery > Usage since last full charge.

Mengatur penggunaan daya

Samsung memiliki mode hemat baterai yang dapat mengatur bagaimana aplikasi menggunakan daya. 

Jika Anda menemukan aplikasi yang menggunakan banyak daya, cari aplikasi tersebut di Settings > Application dan pilih aplikasi yang dimaksud >  pilih Baterai.

Dengan cara ini, Anda dapat memutuskan bagaimana aplikasi menggunakan daya baterai, terutama saat beroperasi di background. Anda dapat memilih:

  • Unrestricted, yang tidak membatasi penggunaan latar belakang
  • Optimized, yang merupakan standar
  • Restricted, yang membatasi penggunaan baterai saat aplikasi berjalan di latar belakang

Hampir kehabisan baterai?

  • Buka aplikasi Settings, lalu pilih Device care > Battery.
  • Aktifkan Power saving. Menurut Samsung, ini akan "membatasi beberapa hal di perangkat Anda, seperti background network usage dan syncing."
  • Anda juga dapat mengakses Power saving melalui Quick Settings menu. Jika Anda tidak melihatnya di sana, geser ke kiri hingga Anda melihat ikon terakhir di menu, setelah itu akan ada tombol tambah. Ketuk tombol tersebut, dan menu turun akan menunjukkan semua tombol yang tersedia yang dapat Anda tambahkan, termasuk Penghematan daya.

Jika situasinya mendesak

Terkadang, meskipun Anda sudah melakukan semua langkah pencegahan dan bahkan dengan mode hemat baterai yang diaktifkan, ada situasi dimana baterai hampir habis dan tidak ada sumber daya listrik yang tersedia. 

Dalam kasus tersebut, Anda akan ingin menjaga daya perangkat Anda sebanyak mungkin agar setidaknya Anda dapat melakukan atau menerima panggilan telepon atau sms. 

Ada beberapa langkah yang dapat membantu, meskipun beberapa mungkin mengganggu penggunaan normal.

  • Pastikan semua aplikasi Anda ditutup.
  • Aktifkan mode Do not disturb untuk menghentikan notifikasi.
  • Atur screen timeout  Anda menjadi 30 detik agar layar tidak tetap menyala jika Anda tidak menggunakannya.
  • Turunkan brightness sebanyak mungkin.
  • Matikan Bluetooth, pelacakan lokasi, dan Wi-Fi (kecuali jika Anda sedang menggunakannya). Anda juga dapat menggunakan Airplane mode kecuali jika Anda menunggu panggilan telepon atau pesan.
  • Matikan lampu notifikasi jika ponsel Anda memiliki fitur tersebut.
  • Matikan semua suara dan getaran aplikasi Anda.
  • Jika ponsel Anda memiliki layar OLED, menggunakan mode gelap dapat membantu menghemat daya.

Jasa Service Handphone Samsung - Pusat Service Macbook Bali

Segera konsultasikan dengan ahlinya apa bila handphone Samsung Anda mengalami kerusakan baterai!

Pusat Service Macbook (PSM) Bali melayani service MacBook, iPhone, produk Apple & HP lainnya dengan teknisi yang bersertifikasi BNSP, pelayanan ramah, dan selesai cepat.

Dengan pengerjaan <24 jam, baterai hp Samsung Anda akan dilindungi dengan garansi dari kami!

Dengan rating 4.9 di Google, PSM Melayani reparasi untuk wilayah Bali khususnya Denpasar, Canggu, Sanur, Tabanan, dan sekitarnya.

Segera konsultasikan hp Samsung Anda! Tim teknisi kami akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa secara mendalam terhadap gadget Anda.

Silahkan hubungi kami di Whatsapp pada nomor +62 811-3851-677 atau klik link berikut: https://wa.wizard.id/414556

Kunjungi store Pusat Service Macbook Bali!

Jl. Teuku Umar No. 100, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80114.

Dapatkan petunjuk arah ke store PSM disini: https://goo.gl/maps/GReiHVPZ9A66Kqrj9

Service Bergaransi & Harga Transparan

Konsultasi Sekarang