Apakah AirPods Waterproof? Pertolongan pada Airpods Basah

Apakah AirPods Waterproof? Semua Airpods tidak kedap air, namun beberapa AirPods tahan air. Lihat pertolongan pertama pada Airpods terkena air disini!

Apakah AirPods waterproof? Jawabannya tidak, Airpods Anda tiak tahan air. 

Sebaiknya hindari menggunakan Airpods di dalam kamar mandi, kolam renang, atau bahkan saat hujan. 

Namun pada series AirPods Pro atau AirPods gen 3, mereka sudah di design tahan air atau water resistant, namun tetap tidak waterproof. So you're always better off safe than sorry

Terkadang walau sudah berhati-hati, Airpods bisa terkena air tanpa disengaja. Jika itu terjadi, Anda perlu tahu cara mengeringkannya dengan aman, dan Anda mungkin ingin tahu cara melindunginya dari air di kemudian hari.

Waterproof vs. Water-Resistant

Image by Unsplash

Ketika sebuah perangkat waterproof, maka mustahil air bisa masuk atau menyebabkan kerusakan. Ini berlaku tanpa memandang berapa lama perangkat tersebut berada di dalam air atau seberapa dalam ia tenggelam. 

Tidak ada AirPods dari Apple yang waterproof.

Sebaliknya, perangkat water-resistant hanya menghentikan air dari masuk untuk jangka waktu atau kedalaman tertentu. Seringkali, istilah waterproof dan water-resistant membuat bingung.

AirPods generasi pertama dan kedua sama sekali tidak water-resistant, demikian juga dengan AirPods Max, tetapi AirPods Gen 3 dan AirPods Pro (generasi pertama dan kedua) memiliki peringkat water-resistant IPX4. Ini adalah peringkat yang cukup rendah; ini berarti Apple hanya merancang AirPods Pro untuk tahan terhadap percikan air kecil, seperti hujan atau keringat.

Sayangnya, segel water-resistant akan memburuk seiring berjalannya waktu, yang berarti AirPods generasi ketiga atau AirPods Pro akan menjadi kurang tahan air seiring bertambahnya usia. 

Tidak ada cara untuk mengetahui apakah segel tahan air masih berfungsi atau tidak, dan tidak ada cara untuk menutupnya kembali. Jadi semakin tua perangkat water-resistant Anda, perlu semakin hati-hati pula penggunaannya.

Apakah AirPods Tahan Air?

Tidak ada AirPods yang tahan air, dan hanya AirPods generasi ketiga atau AirPods Pro yang water-resistant. Sebaiknya tetap hindari AirPods dari paparan air namun seharusnya mereka bisa bertahan dari sedikit percikan air. 

AirPods asli atau AirPods (generasi kedua) sama sekali tidak waterproof atau water-resistant, jadi jangan biarkan mereka basah sama sekali. Hal yang sama berlaku untuk AirPods Max.

Charging case Airpods bahkan sedikit lebih rumit. Pada awalnya, tidak ada charging case AirPods yang tahan air, bahkan untuk series AirPods yang water-resistant. Namun, Apple kemudian merancang ulang desain casenya.

Hanya casing pengisian AirPods berikut yang tahan air:

  • MagSafe Charging Case untuk AirPods (Generasi ke-3)
  • Lightning Charging Case untuk AirPods (Generasi ke-3)
  • MagSafe Charging Case untuk AirPods Pro (Generasi ke-2)

Charging case pada AirPods Pro tidak tahan air, begitu juga dengan casing pada AirPods generasi pertama atau kedua. Jika Anda memiliki salah satu dari casing tersebut, mungkin Anda ingin menggunakan casing pelindung tambahan untuk AirPods yang juga menambahkan ketahanan air untuk menjaga AirPods tetap kering.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada MacBook yang Terkena Air


Perlakukan untuk AirPods atau AirPods Pro yang Tahan Air

Meskipun AirPods generasi ketiga atau AirPods Pro Anda water-resistant, sebaiknya tidak membasahinya dengan sengaja. Bahkan Apple memperingatkan bahwa performa segel water-resistantnya akan menurun seiring waktu, yang berarti bahkan percikan air bisa merusak AirPods Anda di kemudian hari.

Karena banyak orang bertanya-tanya tentang hal ini, berikut adalah beberapa aktivitas yang sebaiknya tidak Anda lakukan dengan AirPods atau AirPods Pro Anda, bahkan jika AirPods Anda tahan air:

  • Jangan berenang dengan AirPods.
  • Jangan mandi dengan AirPods.
  • Jangan kenakan AirPods saat hujan deras.
  • Jangan gunakan AirPods saat berolahraga air.
  • Jangan masukkan AirPods ke dalam mesin cuci.
  • Jangan bawa AirPods ke dalam sauna atau ruang uap.

AirPods Pro Anda seharusnya baik-baik saja di hujan ringan atau jika Anda berkeringat saat di gym. Namun, Anda masih perlu memastikan Anda mengeringkannya dengan benar sebelum meletakkannya kembali dalam casing.

Apa yang Harus Dilakukan Jika AirPods Basah

Image by Freepik

Apapun series AirPods Anda, jika terkena air perlu dikeringkan dengan hati-hati. Pastikan Anda mengeringkan AirPods sebelum mengembalikannya ke chaging case sehingga tidak merusak casing dengan sisa air yang masuk ke case-nya.

Jika AirPods Anda basah, lap air dengan kain kering. Kami sarankan menggunakan kain mikrofiber, kemudian Anda bisa menggunakan cotton swab untuk mengeringkan port-port kecil.

Biarkan AirPods Anda terbuka selama setidaknya dua jam untuk mengeringkannya. Jangan gunakan AirPods selama dikeringkan, jika memungkinkan, biarkan AirPods Anda mengering semalaman. 

Tempat terbaik untuk meninggalkan AirPods Anda adalah tempat yang sejuk, kering, dan memiliki aliran udara yang lembut.

Sebaiknya hindari suhu yang sangat panas atau dingin. Jangan letakkan AirPods Anda di atas radiator dan jangan gunakan pengering rambut untuk mencoba mempercepat prosesnya. Melakukannya bisa dengan mudah membuat AirPods Anda overheating dan merusak sirkuit di dalamnya.

Jika casing pengisian AirPods Anda basah, keluarkan AirPods dan letakkan casing tersebut terbalik dengan penutup terbuka untuk mengeringkannya. Lagi-lagi, Anda harus membiarkannya mengering setidaknya selama beberapa jam, lebih baik semalaman.

Ketika Airpods Terkena Cairan Lainnya

Solvents atau lotion dapat mengikis segel tahan air, soda membentuk residu lengket yang menyumbat speaker, kopi bisa membuat noda plastik putih, dan air laut mungkin meninggalkan residu garam saat mengering.

Jika AirPods Anda kemasukan cairan selain air bersih, gunakan kain yang lembab untuk mengelapnya sebelum membiarkan AirPods Anda mengering. Saat menggunakan kain yang lembab, berhati-hatilah untuk tidak mengenalkan lebih banyak cairan ke dalam AirPods Anda.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada HP Android Terkena Air


Cara Mencegah Kerusakan AirPods Akibat Air

Jika AirPods Anda basah, tidak ada jaminan bahwa mereka akan tetap berfungsi bahkan jika Anda mengikuti petunjuk di atas untuk mengeringkannya. 

Kadang-kadang, air dapat segera merusak AirPods Anda; kadang-kadang, akan perlahan-lahan mengkaratkan sirkuit selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Apple tidak mengcover kerusakan akibat air dalam garansi, bahkan untuk AirPods water-resistant atau AirPods Pro.

Ikuti tips tambahan ini untuk menjaga AirPods Anda tetap aman dan kering sebisa mungkin:

  • Jangan tinggalkan AirPods Anda di permukaan yang basah.
  • Simpan AirPods Anda saat hujan turun.
  • Jauhkan AirPods Anda dari minuman.
  • Periksa kantong Anda sebelum memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci.
  • Simpan AirPods Anda di dalam kotak saat Anda tidak menggunakannya.
  • Hindari menjatuhkan atau menghancurkan AirPods Anda agar segel tahan air tetap utuh.
  • Segera bersihkan makeup, parfum, losion matahari, atau zat lainnya yang menempel pada AirPods Anda.

Tambah Aksesoris AirPods untuk Melindunginya

Image by Apple

Jika Anda khawatir karena AirPods Anda tidak tahan air, pertimbangkan untuk membeli charging case  tahan air atau AirPods ear hooks untuk menjaga keamanan dan perlindungannya. 

Charging case yang water-resistant akan menjaga AirPods Anda tetap kering saat Anda tidak menggunakannya, sementara ear hooks mencegah AirPods jatuh dari telinga Anda dan masuk ke genangan air.

Ada banyak aksesori AirPods yang bagus yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman Anda dengan AirPods dalam berbagai cara. Anda mungkin ingin memiliki charging dock, wireless transmitter, atau strap untuk menjaga AirPods Anda terhubung satu sama lain. 

Baca juga: Cara Membuka & Reset iPad yang Terkunci


Jasa Service AirPods - Pusat Service Macbook Bali

Segera konsultasikan dengan ahlinya apa bila AirPods Anda mengalami tanda-tanda kerusakan!

Pusat Service Macbook (PSM) Bali melayani service MacBook, iPhone, produk Apple & HP lainnya dengan teknisi yang bersertifikasi BNSP, pelayanan ramah, dan selesai cepat.

Dengan pengerjaan <24 jam, iPad Anda kan dilindungi dengan garansi dari kami!

Dengan rating 4.9 di Google, PSM Melayani reparasi untuk wilayah Bali khususnya Denpasar, Canggu, Sanur, Tabanan, dan sekitarnya.

Segera konsultasikan AirPods Anda! Tim teknisi kami akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa secara mendalam terhadap gadget Anda.

Silahkan hubungi kami di Whatsapp pada nomor +62 811-3851-677 atau klik link berikut: https://wa.wizard.id/414556

Kunjungi store Pusat Service Macbook Bali!

Jl. Teuku Umar No. 100, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80114.

Dapatkan petunjuk arah ke store PSM disini: https://goo.gl/maps/GReiHVPZ9A66Kqrj9


Sumber:

Service Bergaransi & Harga Transparan

Konsultasi Sekarang