Cara Melihat Spek Laptop Windows

Cara Melihat Spek Laptop Windows

Spek laptop/PC akan menentukan program, proses, dan game apa yang dapat dijalankan oleh komputer Anda. 

Dan spesifikasi tersebut mempengaruhi seberapa lancar dan cepat kinerja komputer Anda, serta seberapa besar ruang penyimpanan yang Anda miliki. 

Itulah mengapa penting untuk memeriksa perangkat keras Anda dan memperbarui perangkat lunak sesuai kebutuhan. 

Berikut adalah cara memeriksa spesifikasi PC dan memaksimalkan penggunaan sistem dengan alat pembaruan driver.

Apa itu Spek Laptop/PC?

Spek hardware laptop/PC adalah ringkasan komponen internal komputer, termasuk prosesor, memori (RAM), versi Windows, dan informasi sistem lainnya. 

Contoh spesifikasi PC termasuk kapasitas hard drive dan kecepatan prosesor. Spesifikasi PC dapat menunjukkan seberapa baik komputer Anda dapat menjalankan proses tertentu.

Komputer mungkin berjalan lambat - atau bahkan crash - jika salah satu spesifikasinya terlalu rendah untuk aplikasi tertentu. 

Beberapa program pengeditan video sangat berat, artinya mereka harus memodifikasi file video berkualitas tinggi. Komputer tingkat standar akan kesulitan menjalankan program-program ini sebagaimana yang diharapkan.

Komponen komputer tidak hanya perlu menangani apa yang Anda berikan, tetapi juga harus dikonfigurasi untuk memanfaatkan kelebihannya. 

Setiap komponen menggunakan "driver," yang memberi tahu komputer cara mengoperasikan komponen tersebut. 

Produsen terus mengoptimalkan driver, dan komputer Anda akan berjalan lebih baik jika Anda secara teratur memperbarui driver Anda.

Untungnya, ada program yang akan memperbarui semua driver Anda secara otomatis, sehingga Anda dapat lebih banyak waktu untuk bekerja atau bermain, dan lebih sedikit waktu untuk pengaturan. 

Dan jika Anda perlu tahu cara memeriksa spesifikasi PC Anda karena Anda ingin membangun PC gaming, pastikan untuk melihat tips ini tentang cara mengoptimalkan Windows 10 untuk gaming.

Bagaimana Cara Melihat Spek Laptop/PC saya?

Anda dapat melihat spek laptop/PC Anda di halaman About pada bagian System di Windows Settings. 

Layar ini akan menampilkan ringkasan tentang spek laptop Anda, seperti jenis prosesor dan memori (RAM), serta ID Perangkat dan informasi tentang instalasi Windows Anda.

Berikut cara untuk menemukan spesifikasi komputer di Pengaturan Windows:

  1. Klik ikon Windows di pojok kiri bawah. Kemudian, klik Settings (gear icon).
  1. Klik System.
  1. Klik About. Pada navigasi sisi kiri dan Anda mungkin perlu scroll.
  1. Tampilan informasi akan muncul dan Anda bisa meninjau spesifikasi komputer Anda.

Jika Anda seorang teknisi yang lebih mahir dan ingin melakukan pemeriksaan laptop/PC yang lebih mendalam, klik Device Manager dari daftar opsi navigasi di sisi kanan layar, atau jalankan melalui taskbar Windows

Jangan ubah apa pun di Device Manager kecuali jika Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan. 

Mengetahui cara memeriksa spesifikasi PC adalah langkah awal penting dalam mendiagnosis masalah apa pun yang mungkin Anda alami saat menjalankan program atau aplikasi tertentu. 

Jika spesifikasi Anda sesuai dengan persyaratan program seperti Photoshop, tetapi tidak berjalan dengan baik, coba mempercepat PC Anda atau mengoptimalkan PC Anda.

Read: 6 Cara Mematikan Laptop/PC Windows 11


Cara Melihat Spek Laptop/ PC menggunakan System Information

Anda juga dapat melihat spek laptop/PC Anda dengan pergi ke System Information dan menavigasi ke System Summary untuk melihat gambaran spesifikasi Anda serta versi Windows yang sedang Anda jalankan.

Untuk menemukan spesifikasi PC Anda menggunakan System Information, ketik "system information" ke dalam kolom pencarian taskbar dan klik System Information. 

Di menu navigasi kiri, klik System Summary dan gambaran spesifikasi Anda akan ditampilkan di sebelah kanan, termasuk versi Windows yang sedang Anda jalankan.

Berikut cara melihat spek laptop / PC melalui Informasi Sistem di Windows 10:

Ketik "system information" ke dalam kolom pencarian taskbar Windows dan klik System Information.

Di menu navigasi kiri, klik System Summary dan kemudian review informasi yang ditampilkan di sisi kanan.

Jika Anda hanya ingin tahu bagaimana cara melihat hardware komputer Anda, maka System Summary menyediakan gambaran tentang spesifikasi komputer Anda — termasuk merek dan model tepat mesin Anda, serta jenis prosesor dan motherboard yang digunakan.

Cara Melihat Spek Laptop / PC menggunakan PowerShell dan Command Prompt

PowerShell dan Command Prompt adalah cara canggih untuk menjelajahi komputer Windows. 

Command Prompt adalah metode tradisional untuk menjelajahi Windows sebelum memiliki antarmuka yang lebih ramah pengguna seperti sekarang. 

PowerShell adalah versi yang lebih canggih yang menambahkan kompleksitas dan fungsionalitas yang lebih tinggi.

Kebanyakan pengguna Windows tidak pernah harus menyentuh aplikasi ini, tetapi berikut adalah cara untuk memeriksa spesifikasi melalui PowerShell dan Command Prompt.

  1. Ketik "powershell" atau "command prompt" di Windows taskbar dan klik ikon yang sesuai.
  1. Ketik "systeminfo," dan tekan enter untuk menjalankan skrip.

  1. Setelah beberapa detik, spesifikasi PC Anda akan muncul. Anda dapat scroll melalui hasilnya untuk melihat informasi lebih lanjut tentang sistem operasi, prosesor, dan memori yang tersedia.

Cara Melihat Spek Laptop / PC menggunakan DxDiag

DxDiag (atau DirectX Diagnostic Tool) adalah alat diagnostik suara dan video yang dapat membantu Anda menemukan informasi terperinci tentang pengaturan video dan audio Anda, serta apakah mereka kompatibel dengan program tertentu yang ingin Anda gunakan. 

Alat ini tidak akan secara ajaib memperbaiki audio yang tidak berfungsi, tetapi dapat menampilkan informasi yang dapat digunakan oleh ahli untuk memecahkan masalah.

Yang perlu Anda lakukan untuk meluncurkan alat ini adalah mengetik "dxdiag" di taskbar dan klik dxdiag. Jendela DirectX berisi tab-tab yang berbeda di bagian atas yang dapat Anda navigasi untuk informasi audio dan video yang beragam.

Jika Anda mengalami masalah dengan suara PC Anda, coba perbarui driver audio Anda untuk memperbaiki masalah tersebut.

Periksa CPU Anda

Central Processing Unit (CPU) adalah pusat saraf PC, tempat sebagian besar pemrosesan komputasi dilakukan. 

Model, tipe, kecepatan, dan kinerja CPU Anda semua memiliki dampak besar pada kemampuan komputer Anda, dan seringkali menentukan apakah Anda dapat menjalankan perangkat lunak profesional kelas atas atau memainkan game tertentu.

Untuk memeriksa CPU Anda, ketik "cpu" di taskbar dan klik View processor info.

Ayo kita lihat contoh spesifikasi CPU yang ditampilkan dalam tangkapan layar di atas:

1. Intel adalah salah satu produsen prosesor utama, dikenal karena menghasilkan prosesor paling efisien (tapi mahal).

2. Core adalah jenis prosesor Intel yang ditujukan untuk kebutuhan sehari-hari dan tingkat menengah.

3. Intel Core i7 memiliki daya pemrosesan dan kemampuan multitasking lebih tinggi daripada i3 atau i5. Ini adalah spesifikasi kunci yang perlu diperhatikan jika Anda menggunakan perangkat lunak pengeditan video, karena chip i3 akan terasa lebih lambat.

4. 6500U adalah chip generasi ke-6, dan tiga angka setelah "6" menunjukkan peringkat performa. Semakin tinggi angka tersebut, semakin baik performanya.

5. U adalah penunjukan khusus untuk laptop, yang harus mengelola daya secara efisien untuk menjaga daya tahan baterai.

6. GHz (gigahertz) mewakili kecepatan jam dari prosesor, yaitu seberapa banyak fungsi yang dapat dieksekusi dalam satu detik. Angka pertama adalah kecepatan jam perkiraan dari prosesor, sementara angka kedua menunjukkan kecepatan aktual saat ini.

Tentu saja, angka-angka ini diasumsikan Anda menggunakan komputer sesuai dengan yang dimaksudkan. Mempercepat CPU Anda dapat meningkatkan performa melebihi spesifikasi resmi produsen, tetapi dengan risiko yang lebih besar terjadinya kegagalan sistem akibat panas berlebih.

Jika Anda mempercepat untuk mencoba mendapatkan performa lebih dari yang diindikasikan oleh spesifikasi, pastikan untuk menggunakan alat yang memonitor suhu CPU. Dan overclock hanya jika Anda tahu apa yang Anda lakukan - jika tidak, Anda berisiko merusak mesin Anda.

Read: Tanda-tanda Gadget Terkena Serangan Malware

Periksa GPU Anda

Unit Pemrosesan Grafis (GPU) - juga dikenal sebagai kartu grafis atau kartu video - menangani segala hal yang berkaitan dengan grafis. GPU adalah salah satu komponen paling penting dalam spesifikasi PC, terutama bagi desainer grafis, gamer, atau pengguna lain yang membutuhkan rendering visual berkekuatan tinggi.

Cara termudah untuk melihat kartu video yang Anda miliki adalah dengan mengetik "device manager" di taskbar, dan klik Device Manager. Kemudian klik Display adapters untuk menampilkan informasi relevan. Kartu video Anda mungkin berasal dari salah satu produsen GPU utama: AMD atau NVIDIA.

Jika tidak ada merek tersebut ditampilkan atau Anda hanya melihat "grafis Intel", kemungkinan Anda memiliki grafis terintegrasi (jenis grafis yang paling dasar dan rendah).

Setiap produsen kartu grafis menggunakan konvensi penamaan yang berbeda, jadi sebaiknya gunakan salah satu dari banyak alat online untuk membandingkan kartu grafis. Alat perbandingan ini juga dapat memberi tahu Anda seberapa baik komputer Anda dapat menjalankan suatu permainan tertentu.

Tapi bahkan kartu grafis terbaik pun tidak akan berfungsi dengan baik tanpa driver yang tepat. Sebelum Anda mencoba menjalankan sebuah game, atau mendiagnosis masalah apa pun, pertama-tama perbarui driver grafis Anda. Dan pastikan Anda tahu cara memeriksa dan memperbarui GPU di Windows.

Anda selalu bisa memaksimalkan daya yang lebih besar dengan melakukan overclocking pada GPU, tetapi jika GPU Anda sudah bekerja dengan lancar pada tingkat performa yang dimaksudkan, maka sebenarnya tidak perlu dilakukan. Dan perhatikan bahwa memaksa kartu grafis melebihi spesifikasi desainnya dapat mempersingkat umur pakai kartu grafis secara drastis.

Periksa RAM Anda

RAM (random access memory) adalah komponen penting lainnya untuk menentukan performa komputer.

Secara umum, semakin banyak RAM, semakin baik — meskipun setiap gigabyte RAM yang ditambahkan memberikan hasil yang semakin berkurang hingga pada titik di mana jumlah RAM di atas, katakanlah, 16GB, akan berdampak lebih signifikan pada dompet Anda daripada meningkatkan performa PC.

Untuk memeriksa memori RAM, ketik "ram" di taskbar dan klik Lihat info RAM. Jumlah RAM akan terlihat di sebelah Installed RAM.

Komputer ini memiliki RAM sebesar 8GB yang sudah terpasang, jumlah yang cukup baik bagi kebanyakan orang — bahkan bagi para gamer kelas atas.

Hanya jika Anda perlu menggunakan beberapa program profesional yang intens secara bersamaan, maka diperlukan RAM sebesar 12 atau 16GB.

Jika perangkat Anda memiliki RAM sebesar 4GB atau kurang, meningkatkan RAM akan membantu Anda mendapatkan performa yang lebih cepat dan lancar, serta menjalankan aplikasi yang lebih canggih.

Sayangnya, beberapa komputer (terutama laptop) tidak memiliki kartu RAM yang dapat dilepas, jadi pastikan untuk memeriksanya sebelum mengeluarkan uang untuk meningkatkan RAM.

Periksa Storage Anda

Penyimpanan disk adalah spesifikasi penting lainnya yang perlu diperhatikan.

Jenis SSD atau HDD yang Anda miliki mempengaruhi volume data yang dapat disimpan di komputer Anda serta seberapa cepat file-file tersebut dapat dimuat dan mentransfer data.

SSD jauh lebih unggul dalam hal kecepatan (meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar) dibandingkan hard drive, jadi sebaiknya Anda memilih SSD kecuali jika Anda memiliki anggaran terbatas.

Untuk memeriksa penyimpanan perangkat Anda, ketik "system information" atau "msinfo32" di taskbar, dan klik System Information.

Untuk melihat jenis disk yang digunakan oleh mesin Anda dan kapasitasnya, klik Komponen di panel navigasi kiri, kemudian klik Storage dan terakhir Disk. Di sini, perhatikan Media Type dan Size.

Jika Anda kehabisan ruang penyimpanan, Anda dapat mengosongkan ruang disk dengan menghapus file sampah di folder Desktop, Downloads, dan Dokumen — serta menghapus game dan program yang tidak Anda gunakan.

Namun, sebelum membersihkan hard drive, backup semua hal yang penting.

Hard drive bisa mengalami masalah, dan disarankan untuk melakukan prosedur pemeliharaan dasar seperti defrag disk dan menjalankan CHKDSK secara berkala untuk mengatasi penggunaan disk 100% dan mencegah masalah lainnya.

Memformat hard drive juga dapat membantu memulihkan kinerja mesin yang bermasalah. Cadangkan semua data ke drive lain terlebih dahulu, dan ingat bahwa Anda harus menginstal ulang semua program dan mengkonfigurasi ulang semua pengaturan dan preferensi Anda.

Jasa Service Laptop - Pusat Service Macbook Bali

Segera konsultasikan dengan ahlinya apa bila laptop Anda mengalami kerusakan!

Pusat Service Macbook (PSM) Bali melayani service MacBook, iPhone, produk Apple & HP lainnya dengan teknisi yang bersertifikasi BNSP, pelayanan ramah, dan selesai cepat.

Dengan pengerjaan <24 jam, laptop Anda akan dilindungi dengan garansi dari kami!

Dengan rating 4.9 di Google, PSM Melayani reparasi untuk wilayah Bali khususnya Denpasar, Canggu, Sanur, Tabanan, dan sekitarnya.

Segera konsultasikan laptop Anda! Tim teknisi kami akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa secara mendalam terhadap gadget Anda.

Silahkan hubungi kami di Whatsapp pada nomor +62 811-3851-677 atau klik link berikut: https://wa.wizard.id/414556

Kunjungi store Pusat Service Macbook Bali!

Jl. Teuku Umar No. 100, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80114.

Dapatkan petunjuk arah ke store PSM disini: https://goo.gl/maps/GReiHVPZ9A66Kqrj9

Service Bergaransi & Harga Transparan

Konsultasi Sekarang