Tips Merawat Baterai MacBook Agar Awet dan Tahan Lama

cara agar baterai macbook tidak bocor

Baterai Macbook Apple dikenal dengan performa “Battery Lifespan” atau battery health yang sangat awet, tahan lama, dan memiliki masa pakai yang panjang.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan, performa baterai Macbook dapat berangsur menurun. 

Jika ingin performa baterai Macbook tetap baik lebih dari 3-4 tahun, ada beberapa praktik cerdas yang bisa dilakukan untuk mencegah proses usang agar baterai MacBook tetap bisa bertahan lama dan lebih awet. 

Ikuti tips berikut untuk menjaga baterai MacBook tetap awet!

Remember, tips berikut hanya untuk mengurangi dampak kerusakan baterai karena usang, tidak untuk memperpanjang usia baterai.

Hindari Overcharge

Apple merekomendasikan pengisian baterai 50% secara teratur. 

Apple menyebutkan bahwa pengisian baterai hingga kapasitas maksimum dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan masa pakai baterai yang lebih pendek.

Jangan Sampai Baterai MacBook Habis

Membiarkan baterai benar-benar kosong 0% sama bahayanya dengan overcharge. Semakin sedikit sisa baterai sebelum di-charge, semakin besar risiko total discharge. 

Terlebih sisa baterai dalam satu digit dapat dilihat sebagai bahaya.

"Jika charge Macbook saat baterainya benar-benar habis," saran Apple, "baterai bisa drop ke kondisi discharge yang bisa berdampak tidak mampu mengisi daya."

Read: Perlukah Menggunakan Anti Virus di MacBook? | Panduan Lengkap 2023

Jangan Biarkan Charger Plugged In

Kesalahan umum adalah membiarkan charger MacBook dicolok sepanjang waktu.

Hal ini dapat menyebabkan panas berlebih yang disebabkan karena selalu dicolokkan akan merusak baterai. 

Hindari Panas Berlebih

Sel baterai adalah komponen sensitif, dan battery health dapat rusak karena suhu  lingkungan yang ekstrem: terlalu panas, dingin, dan tingkat kelembapan lingkungan yang tinggi adalah semua faktor yang harus dihindari.

Perhatikan bahwa baterai MacBook paling sensitif terhadap suhu ekstrem saat mesin sedang digunakan. 

Apple menyarankan suhu yang ideal untuk MacBook berada diantara 10 dan 35 derajat celcius tetapi dapat disimpan dengan aman, saran perusahaan, antara -20 hingga 45 derajat celcius.

Hindari meninggalkan Macbook di bawah terik matahari. Namun perlu diingat bahwa panas yang dihasilkan oleh MacBook itu sendiri saat mengisi daya dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang – jika dilindungi oleh casing.

Update Software

Update macOS secara rutin untuk memanfaatkan pengoptimalan baterai yang telah ditambahkan dalam update terkini.

Cara Cek Battery Health Macbook

Seperti disebutkan di atas, tip di atas hanya menjaga baterai MacBook tetap sehat selama mungkin, tetapi tidak akan bertahan selamanya.

Untuk mendapatkan beberapa informasi battery health Macbook saat ini, buka System Preferences (Anda dapat mengaksesnya melalui logo Apple di pojok kiri atas layar, atau pencarian Spotlight), lalu klik Battery, lalu Battery lagi, dan terakhir Battery Health di sudut kanan bawah kotak dialog.

Anda juga dapat menahan tombol Alt/Option dan mengeklik ikon pengisian daya baterai di kanan atas desktop. Di bagian atas menu, Anda akan melihat salah satu dari empat pesan status: Normal, Replace Soon, Replace Now, and Service Battery.

Jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut tentang status baterai MacBook Anda, Anda dapat konsultasi dengan teknisi Pusat Service Macbook Bali. 

Tim kami akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa secara mendalam terhadap unit Anda. Silahkan hubungi kami di Whatsapp pada nomor +62 811-3851-677 atau klik link berikut: https://wa.wizard.id/414556

Read: Cara Menjaga & Memperpanjang Umur MacBook Agar Tahan Lama


Jasa Service Baterai Macbook di Pusat Service Macbook Bali

Segera konsultasikan dengan ahlinya apa bila baterai Macbook Anda mulai mengalami gejala kerusakan seperti:
- Baterai gembung
- Baterai terisi penuh secara cepat
- Pengisian baterai tidak sempurna / tidak bisa menampung daya
- Muncul Tanda Peringatan di Indikator Baterai

Pusat Service Macbook (PSM) Bali melayani service MacBook, iPhone, produk Apple & HP lainnya dengan teknisi yang bersertifikasi BNSP, pelayanan ramah, dan selesai cepat.

Dengan pengerjaan <24 jam, baterai Macbook Anda akan dilindungi dengan garansi dari kami!

Dengan rating 4.9 di Google, PSM Melayani reparasi untuk wilayah Bali khususnya Denpasar, Canggu, Sanur, Tabanan, dan sekitarnya.

Segera konsultasikan status baterai Macbook Anda! Tim teknisi kami akan melakukan pemeriksaan dan diagnosa secara mendalam terhadap Macbook Anda.

Silahkan hubungi kami di Whatsapp pada nomor +62 811-3851-677 atau klik link berikut: https://wa.wizard.id/414556

Kunjungi store Pusat Service Macbook Bali!

Jl. Teuku Umar No. 100, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80114.

Dapatkan petunjuk arah ke store PSM disini: https://goo.gl/maps/GReiHVPZ9A66Kqrj9

Service Bergaransi & Harga Transparan

Konsultasi Sekarang